KADAR IMAN SESEORANG TERGANTUNG KADAR CINTANYA PADA NABI SAW. KADAR CINTA PADA BANGSA TERGANTUNG KADAR CINTANYA PADA TANAH AIR

Dikunjungi

Monday 10 February 2014

MENJAGA NKRI, MENGAMALKAN PRINSIP ISLAM



Malang, NU Online
Nahdlatul Ulama dalam membela Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan memegang teguh 4 (empat) Pilar Kebangsaan dalam berbangsa dan bernegara bukan tanpa alasan. Melainkan dengan memegang prinsip mengambil kemaslahatan umat yang lebih besar. Untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa yang beragam ini.

Demikian dikatakan KH Marzuki Mustamar Wakil Rais Syuriyah Jawa Timur dalam acara workshop Aswaja di Pesantren Mahasiswa Al-Hikam Malang pada hari Sabtu, 9 Februari 2014.

“Mengapa harus NU, mengapa harus NKRI? murni karena mengambil kemasalahatan yang lebih besar,” katanya.
Ia menjelaskan bahwa dengan mempertahankan NKRI dan keberagamannya, berarti telah menjalankan sebuah prinsip Islam dalam tolong-menolong dalam kebaikan.

“Dalam Al-Qur’an diperintahkan bahwa kita harus saling tolong dalam kebaikan. 
‘Ta awanuu alal birri wat taqwa.’ Nah kita dengan menjaga NKRI berarti telah menolong umat Islam yang minoritas di beberapa daerah di luar Jawa,” Kata Kiai Marzuki.

“Bayangkan jika kita di Jawa membuat negara Islam, dan tidak melindungi umat beragama yang lain, bagaimana nasib saudara kita di luar jawa yang masih minoritas itu?” tambahnya lagi.

Ia juga menekankan bahwa sejak dahulu para ulama dan kiai mempertahankan dan mengakomodasi keberagaman budaya masyarakat dengan prinsip fiqih da’wah. Membimbing masyarakat dengan menampakkan wajah Islam yang santun dan menenangkan. Bukan Islam yang menakut-nakuti masyarakat. Dan NU sampai saat ini terus menjalankan dan mengembangkan prinsip dakwah tersebut.

“Kiai-kiai jaman dahulu banyak yang mengakomodasi budaya masyarakat setempat dengan kapasitas yang berbeda-beda, ada yang sangat longgar menerima, ada juga yang lebih selektif. Tujuannya apa?, dakwah dan membimbing mereka,” kata pengasuh PP Sabilurrosyad itu.
 (ahmad nur kholis/mukafi niam)

No comments: