KADAR IMAN SESEORANG TERGANTUNG KADAR CINTANYA PADA NABI SAW. KADAR CINTA PADA BANGSA TERGANTUNG KADAR CINTANYA PADA TANAH AIR

Dikunjungi

Wednesday 30 October 2013

PREDIKSI GUS DUR TENTANG KAPOLRI SUTARMAN



Nu Online 
Suatu pagi di tahun 2005 di media cetak Nasional memberitakan perihal mutasi Perwira tinggi di tubuh Kepolisian Republik Indonesia. Sesuatu yang wajar ditubuh sebuah Institusi Negara. Berita di Koran tersebut kita bacakan kepada alm Gus Dur, dan hal tersebut sudah menjadi rutinitas tiap pagi sambil melayani tamu tamu yang datang ke kediaman beliau di Ciganjur Jakarta selatan. 

Salah satu perwira yang mendapat kenaikan pangkat dan mengemban jabatan baru tersebut adalah Kombes Pol Sutarman naik pangkat menjadi Brigjend Pol dan menjabat sebagai Kapolda Kepulauan Riau. Sebelumnya Brigjen Pol Sutarman pernah menjadi ajudan Presiden Abdurrahman Wahid atau biasa di sapa dengan Gus Dur. Berita tersebut kami sampaikan ke Gus Dur. Pa, begitu kami memanggil Gus Dur, Pak Tarman dilantik jadi Kapolda Kepri, naik pangkatnya jadi bintang satu. 

GD : ya, Sebelumnya dia tugas dimana? 
NH :Di Polda Jatim pak, terakhir sih Kapolwil Surabaya nek mboten klentu,NH : Pak Tarman niku ajudan sangking Polisi yang terakhir gih pak? 
GD : Ya, Sutarman ganti Pak Halba jawab Gus Dur 
NH : Gih nek pak Halba kulo ngertos wong nate dados Kapolres Kudus malah kulo nggih tepang alm ibuipun pak Halba,
GD : lah kok iso ? NH : kula nate indekost di sebelah rumah alm pak Sardjono, Kakaknya Pak Halba di Jogja.
GD : ngono toh.. NH : Menawi pak Tarman niku priyantun pundi pak? GD : Pak Tarman iku wong daerah sekitar Solo situ, tepatnya dimana saya gak tahu. Sejenak alm Gus Dur diam kami semuapun diamÖ.tiba-tiba GD : Pak Tarman itu orang desa biasa bukan dari kalangan orang kaya, tapi mengko bakale dadi Kapolri (Pak Tarman itu orang biasa dari desa bukan anaknya orang kaya, tapi nanti dia akan jadi Kapolri) 
NH : ...nggaten toh pak.. Diam diam aku mencatat ucapan beliau saat itu dalam memory saya,dan mengikuti terus tour of duty nya Jendral Pol Sutarman hingga menjabat Kabareskrim, dan saat ini delapan tahun kemudian ternyata ucapan alm Gus Dur tersebut menjadi kenyataan. 

Saya sendiri tidak tahu hal tersebut diatas itu sebuah kebetulan atau kemampuan analisis alm Gus Dur yang akurat. Mungkinkah Gus Dur weruh sak durunge winarah ( mengerti hal-hal yang akan terjadi ) .Wallahu alam Bishawab.. Dan kagem njenengan Pak (Alm Gus Dur) tengok tengoklah dan do’akanlah kami semua, meski kamipun tak pernah putus untuk senantiasa mengirim do’a untuk njenengan. Al Fatehah

No comments: